Kerja Sama Global Infrastructure Programme dalam Adaptasi BIM di Indonesia25 Septermber 2019 | Dibaca 186 kali

Jakarta (25/9) – Geliat Building Information Modeling (BIM) pada proyek infrastruktur semakin gencar dan masif! Betapa tidak, bahkan Pemerintah UK melirik upaya yang tengah dilakukan oleh Kementerian PUPR. Untuk itu, sebagai tindak lanjut dari perhelatan BIM National Strategy Workshop  pada bulan Maret lalu, kali ini Direktorat Kerjasama Pemerintah Swasta dan Rancang Bangun (KPS & RB) Kementerian PPN/Bappenas kembali mengundang BIM PUPR dan beberapa Unit Organisasi di lingkungan Kementerian PUPR untuk membahas kerja sama Global Infrastructure Programme (GIP) dalam Adaptasi BIM di Indonesia di Jakarta pada tanggal 25 September 2019. Sebagai informasi, GIP ini merupakan buah dari kesepakatan bersama yang ditandatangani pada tanggal 3 Juli 2018 oleh British Ambassador to Indonesia (waktu itu) Moazzam Malik, CEO Infrastructure and Projects Authority (IPA) UK dan Deputi Sarana dan Prasarana Bappenas (waktu itu) Wismana Adi Suryabrata.

Acara yang dihadiri oleh perwakilan dari Ditjen Bina Konstruksi, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, dan Tim BIM PUPR ini mengingatkan kembali pentingnya komitmen implementasi BIM di Indonesia. Bappenas-pun mendorong agar proses adopsi di lingkungan Kementerian PUPR dipercepat. Bahkan, pada acara Konstruksi Indonesia (KI) yang akan diselenggarakan pada tanggal 6 – 8 November 2019, diusulkan untuk dilakukan pertemuan para Eselon 1 di lingkungan Kementerian PUPR guna membahas komitmen penggunaan BIM di Kementerian PUPR.

Sebelum hal tersebut dilaksanakan, Sekretariat BIM PUPR akan segera menggelar rapat menghadirkan para Eselon 2 di lingkungan Kementerian PUPR yang berkaitan dengan implementasi BIM. Bappenas dan BIM UK juga akan dihadirkan pada rapat tersebut sebagai bagian dari rencana pembentukan BIM Task Force pada awal tahun depan. Anggota BIM Task Force rencananya akan terdiri dari kalangan regulator, akademisi (ITB, ITS, Undip, UII, Univ. Andalas, Univ. Udayana, Univ. Lambung Mangkurat, Unhas), IBIMI, dan beberapa perwakilan BUMN Karya (adj).


Keterangan sumber gambar : https://www.bca.gov.sg/